Sistem Keamanan CCTV yang diperlukan Pabrik Produksi

Pekerja dalam pakaian pelindung membawa bahan kimia di reservoir logam/freepik-aleksandarlittlewolf

Pabrik Produksi di bidang apapun pasti memiliki target produksi. Sering kali untuk memenuhi target dari klien, pabrik membuat kebijakan untuk beroperasi selama 24 jam non-stop.

Untuk dapat mengetahui operasional pabrik selalu berjalan dengan baik dan aman, kamera CCTV merupakan hal umum yang perlu dipasang, terutama di pabrik produksi.

Tetapi dalam pemasangan kamera CCTV perlu diperhatikan juga kualitas, model dan teknologi apa yang dibutuhkan. Jangan sampai saat terjadi suatu peristiwa yang merugikan, kamera CCTV bermasalah, lama memberikan respon dan bukti tidak ditemukan. Hal ini tentu berpotensi merugikan pihak perusahaan pabrik lebih banyak.

Pada artikel ini kami akan membantu Anda, apa saja sistem keamanan CCTV yang diperlukan oleh pabrik produksi.

1. Kamera CCTV PTZ

Melakukan pengawasan dengan penglihatan yang dapat disesuaikan secara keseluruhan di satu area tertentu, Kamera CCTV PTZ merupakan pilihan yang tepat. Sesuai dengan kepanjangannya PTZ (Pan-Tilt-Zoom), artinya kamera tersebut memiliki fungsi kontrol untuk mengganti arah penglihatan kamera dari kiri-kanan, atas-bawah, dan zoom maju-mundur.

Tetapi sebelum memilih spesifikasi kamera tertentu, kualitas juga perlu diperhatikan. Pabrik yang beroperasi selama 24 jam non-stop, belum lagi kondisi ruangan yang lembab dan panas, diperlukan juga Kamera CCTV yang tangguh. Jangan sampai memilihnya secara asal dan saat digunakan sering kali bermasalah.

Jika Anda bingung memilih Kamera CCTV PTZ apa yang cocok untuk kebutuhan pabrik produksi Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.

2. Linked Layout Camera

Linked Layout Camera maksudnya adalah tata letak tampilan kamera yang dapat diatur satu jalur atau satu area sekaligus. Tujuan dari Linked Layout Camera ini adalah memudahkan kita dalam melihat satu area tanpa satu pun penglihatan yang terlewat.

Istilah Linked Layout Camera ini merupakan salah satu fitur dari software VMS yang kami jual dari merek Geutebruck, “G-SIM”. Di G-SIM, kita dapat mengatur tata letak setiap kamera sesuai dengan yang kita inginkan. Kemudian dapat disimpan dan ditampilkan kembali agar saat ingin mengawasi satu area tertentu dapat dilakukan lebih cepat.

Daftar Solusi Geutebruck Lainnya

3. Motion Search

Motion Search merupakan fitur analisis video dari Geutebruck yang digunakan untuk mengetahui kapan item terakhir dipindahkan atau seperti item yang salah penempatan atau pun diambil oleh orang tanpa sepengetahuan pengawas.

Cara penggunaannya sangat mudah, dengan menandakan (membingkai) objek dalam gambar video yang direkam. Sistem akan menampilkan event di timeline, hanya dengan beberapa klik kita langsung dapat mencari insiden penting di sekitar objek yang ditandai.

Perjalanan item dapat dilacak dengan mulus dari satu titik kamera ke titik kamera lainnya, sehingga mempersingkat waktu pencarian.

4. Item Track and Trace

Bagi pabrik yang memproduksi setiap produknya memiliki kode unik berupa barcode. Solusi Item Track and Trace ini dapat membantu dalam memantau dan mendokumentasikan proses distribusi produk lebih baik dengan terintegrasi melalui kamera CCTV.

Article : Tracking Barcode dengan CCTV di Pusat Penyortiran

Solusi Item Track and Trace ini merupakan salah satu fitur dari “G-SIM”. Jadi di setiap area scanner produk, terpasang kamera CCTV yang terintegrasi dengan alat barcode scanner di masing-masing area.

Contohnya di area A, terpasang CCTV Cam A dan Barcode Scanner A. Jika satu produk datang dengan barcode misalnya 12345ABCDE, maka Barcode Scanner A memindai barcode produk tersebut. Kemudian memberikannya ke sistem CCTV untuk memberitahukan bahwa pada waktu, tanggal, tempat dengan barcode 12345ABCDE telah terpindai.

Nantinya dari tampilan monitoring CCTV akan memunculkan event pada timeline. Sehingga untuk mencari tahu kondisi produk dengan barcode 12345ABCDE saat proses distribusi lebih mudah dan cepat.

5. Smart Flame Detection Camera

Pabrik Produksi yang memiliki tingkat resiko mudah terjadi kebakaran apabila terdapat api muncul sedikit saja, Smart Flame Detection Camera adalah pilihan terbaik.

Kamera yang dilengkapi sensor deteksi api ini sangat membantu dalam mengantisipasi terhadap api yang muncul tanpa sepengetahuan orang-orang sekitar. Terutama pada area yang sepi dari para pekerja, lalu potensi munculnya api dan mengakibatkan kebakaran besar seketika sangat mungkin terjadi.

Smart Flame Detection Camera sendiri sangat sederhana sekali untuk digunakan, karena fitur notifikasi alarmnya sudah terpasang di dalam kamera. Kemudian sudah support Onvif dan PoE, sehingga dapat dipasang dengan NVR yang sudah ada.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa kamera ini bukan ditunjukkan untuk menggantikan sistem alarm kebakaran yang sudah ada seperti smoke detector, fire sprinkle dan lainnya. Kamera dengan sensor deteksi api ini adalah tambahan keamanan dalam antisipasi kebakaran sebelum ujung api menyentuh smoke detector atau fire sprinkle.

6. Smart Heat Detection Camera

Smart Heat Detection Camera merupakan kamera CCTV yang dilengkapi dengan sensor deteksi thermal (Suhu Panas). Kami memiliki solusi ini untuk Anda yang membutuhkan pemantauan terhadap suhu suatu objek yang berpotensi terjadi kecelakaan jika mencapai suhu panas tertentu.

Kamera CCTV ini terbagi menjadi dua kategori dalam mendeteksi suhu panas.

  1. Deteksi rentang suhu 50°C ~ 180°C
  2. Deteksi rentang suhu 180°C ~ 450°C

Contohnya suatu tabung pembakaran dari lapisan luar, normalnya beroperasi antara suhu 100°C ~ 150°C. Tetapi dari pabrik memberikan peringatan jika suhu tabung tersebut mencapai lebih dari 180°C, berpotensi terjadi kebocoran dan rawan kecelakaan.

Jika monitoring langsung berdekatan dengan tabung tidak direkomendasikan, maka Smart Heat Detection Camera ini dapat membantu memantau suhu tabung tersebut.

Jika alarm diatur menyala saat menyentuh 180°C, maka pihak pengawas monitoring CCTV akan menerima pemberitahuan berupa video pop-up, dan dapat segera melapor kepada pekerja terdekat untuk mengurangi suhu atau menghentikan operasional dari tabung tersebut sementara waktu hingga kembali normal.


Dari beberapa solusi di atas, apakah semunya sudah ada di pabrik Anda saat ini ? Jika dari solusi di atas dirasa ada yang diperlukan, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Atau jika ada solusi yang menurut kalian kurang dari daftar di atas, dapat beritahukan kami melalui email yang tersedia. Semoga kita semua selalu terjaga dari keamanan dan keselamatan.

Leave a Reply