Kamera Pemantauan Overheat Dengan Visual Yang Jelas

Infrared Thermography/Flickr

Pemantauan suhu menggunakan Kamera CCTV biasa disebut Thermal Imaging Camera. Sebagian besar Kamera CCTV Thermal memiliki visual yang sangat khas, yakni Termografi.

Pemantauan dengan visual Termografi tentu sangat memudahkan untuk membedakan mana objek yang memiliki suhu tinggi (panas) dan rendah (dingin). Tetapi jika kita ingin mendapatkan visual dengan gambar yang jelas seperti CCTV pada umumnya dan memiliki fitur deteksi thermal di dalamnya, Kamera CCTV Smart Heat Detection dari Webgate merupakan jawaban yang cocok.

Smart Heat Detection Camera

Tampilan UI Smart Heat Detection Camera (Kotak Merah = Titik suhu tertinggi/Kotak Garis Putih = Area deteksi/Distance = Parameter jarak/Alarm = Target suhu muncul alarm/Current = Suhu tertinggi yang terdeteksi/Emissivity = Rasio energi panas yang diserap)

Smart Heat Detection Camera merupakan kamera CCTV yang dilengkapi dengan sensor deteksi thermal (Suhu Panas). Solusi ini cocok untuk Anda yang membutuhkan pemantauan terhadap suhu suatu objek yang berpotensi terjadi kecelakaan jika mencapai overheat (batas suhu panas tertentu).

Kamera CCTV ini terbagi menjadi dua kategori rentang deteksi suhu panas.

  1. Deteksi rentang suhu 50°C ~ 180°C
  2. Deteksi rentang suhu 180°C ~ 450°C

Contohnya suatu tabung pembakaran dari lapisan luar, normalnya beroperasi antara suhu 100°C ~ 150°C. Tetapi dari pabrik memberikan peringatan jika suhu tabung tersebut mencapai lebih dari 180°C, berpotensi terjadi kebocoran dan rawan kecelakaan.

Jika monitoring langsung berdekatan dengan tabung tidak direkomendasikan, maka Smart Heat Detection Camera ini dapat membantu memantau suhu tabung tersebut.

Jika alarm diatur menyala saat menyentuh 180°C, maka pihak pengawas monitoring CCTV akan menerima pemberitahuan berupa video pop-up, dan dapat segera melapor kepada pekerja terdekat untuk mengurangi suhu atau menghentikan operasional dari tabung tersebut sementara waktu hingga kembali normal.

Leave a Reply