Apa tantangan sistem keamanan di industri kesehatan ?

Tampilan bermacam-macam elemen-elemen industri kesehatan/freepik

Pandemi COVID-19 telah menambah beban tugas mengamankan rumah sakit dan fasilitas kesehatan, karena adanya kekhawatiran penularan virus kepada para pekerja keamanan layanan kesehatan. Keamanan rumah sakit juga harus memiliki solusi untuk membuka akses publik ke fasilitas kesehatan, sambil mencegah kekerasan ancaman keamanan lainnya.

Apa saja tantangan keamanan industri kesehatan yang harus siap dihadapi ?

1. Kekerasan terhadap petugas kesehatan

Ini merupakan salah satu tantangan keamanan paling umum dihadapi di industri kesehatan. Sebagian besar kekerasan terjadi di UGD (Unit Gawat Darurat). Rumah sakit tidak dapat menentukan jenis pasien yang datang dan sejumlah besar pasien tersebut dalam keadaan kritis.

Sering kali kekerasan dimulai dari faktor kombinasi antara risiko klinis, lingkungan dan prosedur.

2. Akses fasilitas perawatan kesehatan

Ruang-ruang fasilitas rumah sakit terasa perlu terbuka, tetapi akses oleh pengunjung luar juga harus dibatasi sesuai langkah-langkah yang diterapkan untuk mengamankan staf, pasien, pengunjung, aset, dan informasi kesehatan yang dilindungi.

Masuknya pengunjung setiap hari dapat membebani sumber daya, sehingga mengintegrasikan manajemen pengunjung dengan akses kontrol dan juga kamera pengawas CCTV secara erat dapat membantu meringankan bebas petugas, sekaligus menambah keamanaan.

Misalnya ruang rekam medis, ruang operasi dan lemari obat hanya dapat diakses untuk staf yang berwenang.

3. Mengendalikan perimeter

Pada industri lainnya, setiap individu dibatasi aksesnya. Tetapi berbeda dengan industri kesehatan yang di mana layanan kesehatan selalu terbuka untuk umum.

Penjagaan perimeter ke ruangan yang dikhususkan untuk staff saja misalnya. Ketika terjadi pembludakkan pasien, para petugas kemungkinan akan dipindahkan untuk menjaga para pasien tersebut.

Kemudian kemungkinan adanya orang asing memasuki ruangan khusus staff tersebut berpotensi sangat besar, maka dari itu penjagaan perimeter terhadap ruangan tertentu diperlukan.

Seperti menggunakan teknologi AI pada kamera CCTV yang dapat menandakan daerah yang rawan dari adanya orang asing yang masuk. Jadi ketika ruangan sedang kosong dan terdapat orang asing masuk, petugas pengawas akan menerima alarm dan orang asing yang masuk tidak pada tempatnya dapat segera ditindak.


Tantangan keamanan untuk industri kesehatan sangat beragam, dilihat dari jenis dan ukuran fasilitas yang harus dilindungi. Ancaman yang dihadapi keamanan juga beragam, baik berupa kekerasan terhadap petugas kesehatan maupun kebutuhan untuk melindungi pasien, pengunjung, aset, bahkan informasi kesehatan.

Untungnya, industri keamanan menyediakan banyak pilihan dalam hal sistem teknologi yang tersedia, termasuk video analitik, akses kontrol tanpa sentuh, manajemen penunjung, dan lainnya.

Apa saja solusi sistem keamanan yang dapat teratasi dari permasalahan yang ada di atas. Nantikan update artikel selanjutnya ya 🙂

Leave a Reply